Friday, 27 January 2017

Tips Merawat Solder Agar Tetap Awet

Tips Merawat Solder Agar Tetap Awet
Tentunya pembaca sudah tidak asing lagi dengan solder bukan? Alat ini merupakan salah satu perkakas elektronika yang memiliki fungsi untuk menyambung rangkaian berbagai komponen, contohnya seperti rangkaian pada komponen integrated circuit atau yang sering disingkat IC. Untuk menemukan solder sangatlah mudah, karena alat ini dijual bebas dipasaran. Harga jual solder sendiri bervariatif mulai dari yang murah hingga yang relatif mahal.

Seberapapun mahal alat yang kita gunakan jika tidak dirawat dengan baik maka tetap saja akan memperpendek umur dari alat tersebut, sama halnya dengan solder. Solder juga harus dirawat agar tetap mampu bekerja dengan maksimal. Adapun beberapa tips yang dapat anda praktekkan dalam merawat solder adalah sebagai berikut :

1.       Rutin Bersihkan Mata Solder

r
Ingatlah untuk selalu bersihkan mata solder, jangan ada benda lain yang menempel pada bagian mata solder. Karena jika ada benda selain timah yang menempel di mata solder, maka sepanas apapun suhu solder, solder tersebut tidak akan mampu melelehkan timah. Hal tersebut karena terhalangi oleh benda lain yang menempel pada mata solder tersebut.

2.       Jauhkan dari gangguan

Saat sedang menyolder usahakan solder jauh dari gangguan apapun yang dapat menganggu proses penyolderan tersebut, seperti kabel-kabel yang berseliweran atau lainnya.

3.       Jangan Melelehkan Selain Timah

Solder digunakan hanya untuk melelehkan timah, jangan pernah terfikir untuk melelehkan benda lain seperti plastik menggunakan solder.

4.       Simpan Ditempat yang Aman

Walaupun harga jual solder terjangkau, tidak menjadi alasan untuk menempatkan solder tersebut sembarangan. Penting untuk menempatkan solder di tempat yang aman, jauh dari jangkauan anak-anak. Sebisa mungkin untuk tidak pernah menjatuhkan solder anda, karena akan merusak komponen dari solder tersebut.

5.       Perbandingan Timah


Pada saat menyolder perhatikan pula jumlah perbandingan timahnya, biasanya perbandingan yang dipakai adalah 60/40% atau 63/37%. Timah solder yang baik adalah yang berbahan Flux Rosin.

6.       Bersihkan Ujung Solder Dengan Benar

Jangan menggunakan cara ekstrem dalam membersihkan ujung solder, sebaiknya menggunakan kain setengah kering untuk membersihkan ujung solder agar tidak merusak ujung solder tersebut,dan agar solder dapat awet lebih lama meskipun harga jual solder terjangkau.

2 comments:

  1. Hallo mba. Selama ini binggung cara merawat solder, teryata ada juga caranya :). Makasih :)

    ReplyDelete
  2. Belum pernah make solder Mba, tapi sering lihat sih. hehe. Ternyata gitu ya cara merawatnya biar awet. :D

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^

BoBe (Blogger Bengkulu)

BoBe (Blogger Bengkulu)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Warung Blogger

Qerja.Com

Join Now

IBX583D9D392DC6B

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger