7 Oleh-Oleh Khas Bengkulu Yang Wajib Kamu Coba

7 Oleh-Oleh Khas Bengkulu Yang Wajib Kamu Coba
Assalammualaikum wr wb
Hallo teman-teman apa kabarnya? Sudah pernah ke Provinsi Bengkulu kah? Atau sudah pernah mencicipi makanan khas Bengkulu? Atau jangan-jangan belum pernah sama sekali mendengar tentang Bengkulu.

Duh-duh jangan donk ya. Walaupun merupakan provinsi yang kecil, Bengkulu kaya akan tempat wisata dan beragam kuliner yang menggugah selera. Biasanya yang paling diingat oleh wisatawan tentang Bengkulu adalah banyaknya tempat wisata sejarah dan pantai nya ada di sepanjang kita hingga ke arah selatan Bengkulu.

Jika suatu saat teman-teman berkesempatan mengunjungi Bengkulu, jangan sampai lupa untuk mencicipi makanan khas Bengkulu dan berburu oleh-oleh khas Bengkulu. Sudah banyak varian oleh-oleh khas Bengkulu yang bisa teman-teman temukan di sentra penjualan oleh-oleh. Atau pun bisa mendatangi langsung tempat produksinya.

Alhamdulillah belum lama ini, Blogger Bengkulu berkesempatan bertemu langsung dengan penggiat UKM yang dinaungi oleh Dinas Koperasi dan UKM Bengkulu. Pertemuan langka ini dimediasi oleh Media Center Provinsi Bengkulu. Ternyata banyak loh makanan khas Bengkulu yang enak dan unik. Bahkan beberapa UKM di Bengkulu pernah mendapatkan penghargaan dalam UKM Pangan Award 2016 dari 420 UKM di seluruh Indonesia. Woww.. salut untuk UKM di Bengkulu. Semoga kedepannya produk khas Bengkulu bisa meluas secara nasional bahkan internasional. Aamiin...

Nah, daripada penasaran Yuk Simak apa saja sih 7 oleh-oleh khas Bengkulu yang wajib kamu coba?

1.    Sirup Kalamansi Sahabat Kita


Olahan dari jeruk kalamansi ini sudah sangat terkenal di Bengkulu. Sirup Kalamansi sahabat kita merupakan sirup yang terbuat dari 100% sari buah kalamansi di Bengkulu. Teman-teman tak perlu khawatir karena sirup kalamansi ini kaya akan vitamin C dan dibuat tanpa pemanis buatan juga tanpa pengawet. Jadi cocok sekali untuk kesehatan tubuh kita. 
Sirup kalamansi ini bisa diolah menjadi beragam minuman sesuai keinginan kita. Kalau saya lebih suka diseduh air hangat atau dicampur dengan air dingin. Bisa juga loh untuk penambah nikmat sop buah dan berbagai jenis makanan dan minuman.
Produk ini bisa didapatkan di sentra oleh-oleh Bengkulu atau menghubungi produsen nya langsung yaitu Koperasi Sahabat Kita (Desa Pondok Kubang Bengkulu Tengah), WA : 0852 6896 8262

2.    Keripik ikan Beledang Krispi - Pelangi Food


Pecinta Seafood wajib coba oleh-oleh makanan khas Bengkulu yang satu ini. Keripik Ikan Beledang super krispi yang diproduksi oleh Pelangi Food punya cita rasa yang menggugah selera. Sesuai namanya, keripik ini dibuat dari Ikan Beledang. Tau dong ikan beledang? Yang panjang dan tipis. Kalau saya biasa mengolah ikan beledang hanya digoreng atau dibuat asam padeh. Nah ternyata di buat kripik juga enak loh. Dengan komposisi Ikan Beledang, Tepung beras, Bawang putih, ketumbar, garam, daun jeruk dan bumbu dapur lainnya, Keripik Ikan Beledang ini cocok sekali untuk dijadikan lauk ataupun cemilan. Berhubung saya nggak masak hari ini, saya makan Keripik Beledang dengan nasi hangat dan sambal terasi. TOP banget rasanya, MANTAP JIWA kalau istilah Blogger Bengkulu hehee.. daripada penasaran teman-teman bisa hubungi langsung Produsennya Pelangi Food di Jalan Nuri RT 5 no 5 Kebun Grand Kota Bengkulu. Telp 0736 27529/ HP. 0812 7847 0473

3.    Kerupuk Gurita


Ada yang pernah baca postingan saya saat berkunjung ke KAUR belum? Nah di Kaur itu terkenal banget sama pantainya yang indah dan kuliner seafoodnya yang enak dan terjangkau. Salah satunya sate gurita yang pernah saya coba dekat Pantai Linau. Kata mertua saya sih, Gurita memang nge-hits di Kabupaten Kaur. Ternyata Gurita juga diolah menjadi Kerupuk Gurita sebagai oleh-oleh khas kaur. Rasanya renyah dan gurih, cocok juga untuk cemilan dan teman makan nasi. Secara kasat mata Kerupuk Gurita terlihat seperti kerupuk biasa tapi warnanya agak kelam. Tetapi saat digigit, terasa sekali cita rasa gurita nya. Kerupuk Gurita ini dibuat dengan komposisi gurita yang dicampur dengan tepung terigu, tepung tapioka, rempah, garam dan penyedap rasa dan diproduksi oleh Home Industri JPS di jalan desa Jembatan Dua Kecamatan Kaur Selatan. Kemasannya bagus karena ada resealable zip lock jadi bisa ditutup lagi kalau belum mau dihabiskan. Biar tidak jauh-jauh ke Kaur untuk mencicipi Kerupuk Gurita teman-teman bisa memesan dengan menghubungi langsung nomor 0812 7849 1812

4.    Ikan Kering JN


Bosan dengan lauk ayam dan daging? Sepertinya teman-teman harus mencoba memasak ikan kering dengan tambahan jengkol lalu disambal. Hihii.. rasanya pasti enak banget. Ya, ternyata di Bengkulu juga ada usaha Ikan Kering dan sudah dikemas menjadi cantik. Jadi bisa awet dan dibawa sebagai oleh-oleh untuk keluarga. Berbagai jenis ikan kering diproduksi oleh Usaha Ikan Kering JN yang beralamat di Jl. Sungai Hitam RT 12 No 25 Pasar Pedati Kecamatan Pondok Kelapa Bengkulu Tengah. Nah jika ingin memasan silahkan hubungi 0823 8130 2153

5.    Pisang Salai Koperasi Sahabat Kita


Pisang Salai Rasa Keju yang saya cicipi merupakan produksi Koperasi Sahabat Kita yang terletak di Desa Pondok Kubang Bengkulu Tengah. Pisang salai ini terbuat dari pisang jantan, tepung beras, garam, minyak goreng juga coklat ataupun keju. Rasa yang gurih, kripsi namun juga legit cocok sekali menjadi oleh-oleh untuk keluarga tercinta jika kalian berkunjung ke Bengkulu. Pemesanan pun bisa dilakukan melalui WA 0852 6896 8262

6.    Gula Semut Aren Sari Aren


Gula Semut Aren dinamakan sebagai gula semut bukan dikarenakan dibuat dari semut ehhee, melainkan saat proses produksinya gula ini bergerombol seperti semut. Begitulah yang dikatakan pak Suparmanto saat pertemuan bersama Blogger Bengkulu. Gula yang terbuat dari sari aren asal Rejang Lebong ini diakui sebagai Gula Herbal yang bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu untuk penderita diabetes, gula ini aman digunakan. Gula Semut Aren juga bisa digunakan secara luas untuk olahan makanan dan minuman atau bahan baku pembuatan dodol. Nah untuk pemesanan bisa menghubungi 085378427985, wa 085767127299

7.    Naga Rantai Coffe


Ada yang pernah mendengar tentang kopi Naga Rantai? Nah teman-teman, Naga Rantai coffe ini merupakan salah satu produk unggulan yang produksinya ada di di Desa Naga Rantai Kecamatan Padang guci Hulu Kabupaten Kaur. Kopi ini diproduksi oleh Koperasi Produsen Cahaya Sejahtera Lestari. Kopi yang terbuat dari biji kopi petik merah pilihan sangat menggugah selera apalagi para pecinta kopi. Sangat pas dinikmati saat berkumpul bersama keluarga atau kerabat di temani oleh goreng pisang hangat. Yuk Ngopi

Nah itu tadi 7 Oleh-Oleh Khas Bengkulu yang Wajib Kamu Coba jika berkunjung ke Bengkulu. Masih banyak loh oleh-oleh lainnya yang mudah-mudahan akan saya posting nantinya. Kalau kamu suka oleh-oleh khas Bengkulu yang mana???

24 comments

  1. setelah baca-baca ulang, saya baru ngeh itu yang produk kopi rupanya dari Kaur ya mb, soale selama ini memang jarang banget dengar produk kopi dari Kaur. pasti jos rasanya kalo kopi asli bengkulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya prio itu kopi dari kaur, unik dan mantep banget kopinyaa

      Delete
  2. penasaran deh sama rasa gula semut mirip apa sih? ssama kayak gula aren gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak dia mirip2 rasanya kayak gula aren

      Delete
  3. saya mau endors kopinya, kyaknya unik mbak,, mudah2an sesuailah komisinya,, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo2 dipromosikan khas bengkulu...

      Delete
  4. Penasaran banget sama kerupuk guritanya :(( mau lah kalo ke Bengkulu icip2 itu hihi amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaa aku juga pingin cobain kerupuk gurita deh

      Delete
    2. enak loh mbak kerupuk guritanya, ayo dipesan :D

      Delete
  5. Enakkkk-enak semua mba makanannya, itu sirup kalamansinya seger banget pas dimium

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku kemarin minum pake es seger banget mbak

      Delete
  6. Produk yang berkualitas ini, saya sudah coba beberapa hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aang berkualitas, enak dan terjangkau

      Delete
  7. Wah baru lihat semua,,
    kadang teman yg dari bengkulu datang bawa empek empek aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah empek2 malah biasanya oleh2 palembang kak

      Delete
  8. penasaran ma kerupuk guritanya, hehehe

    ReplyDelete
  9. Banyak juga ya oleh2 khas Bengkulu, penasaran sama keripik guritanya tuh.
    Makasih sharing infonya ya Ria :)

    ReplyDelete
  10. Kalo nyarinya di anggut pusat oleh2 ada gx kak Rei?

    ReplyDelete
  11. rekomended, wajib coba nih oleh-oleh..

    ReplyDelete
  12. kirimin ke jogja dong mba hhe

    ReplyDelete
  13. Kerupuk gurita? Pasti enak. :D

    ReplyDelete
  14. Wah oleh-olehnya begitu menggoda sekali :D
    jadi penasaran nih gimana gravitasi rasanya di lidah. Hehehe

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar ^_^