Website sebagai Kunci Membangun Bisnis Online

C:\Users\ACER\Downloads\website untuk bisnis online.png

Website sebagai Kunci Membangun Bisnis Online. Membangun karir dimulai dengan membuka bisnis online adalah salah satu langkah yang tepat. Mengapa? Karena dunia usaha menjanjikan banyak sekali pencapaian kesuksesan yang belum tentu Anda dapatkan di dunia lain. Fashion dan kuliner adalah dua usaha yang diminati karena ternyata memiliki pangsa pasar luas serta menjajikan penjualan yang laku keras jika dalam proses pembuatan dan pemasarannya direncanakan dengan sangat matang. Jika kedua hal tersebut tidak bisa dipadukan dengan merata, keberhasilan mustahil tercapai.
Bagi Anda yang berencana untuk memulai bisnis online ada beberapa tips berbisnis online yang bisa kita terapkan:

1. Memilih Produk Bisnis yang Tepat

Sebelum membuka toko online, pertimbangkan produk apa yang ingin Anda jual. Lakukan survey apakah sudah ada produk sejenis, berapa harganya, lalu buatlah sesuatu yang berbeda (walaupun produk sama) dengan menambahkan inovasi dan kreasi agar produk Anda dinilai unik dan menarik minat pembeli. Buatlah nama produk dan toko  yang mudah diingat.

2. Membuat foto,  Video dan caption yang Menarik

Untuk menarik minat agar orang ingin membeli adalah gambar, video dan caption yang menarik. Jangan sembarangan uploud foto produk, kalau belajar dari pengalaman saya jualan brownies. Adik saya (sebagai admin dan pemasaran) berlama-lama untuk mendapatkan angle foto yang apik agar hasil foto di instagram nanti bisa menggoda pembaca. Benar saja, banyak dari pelanggan kami datang untuk membeli karena melihat foto yang cantik.

Selain itu, sering-seringlah merepost testimony pembeli sebagai bahan acuan pembeli baru bahwa produk yang Anda jual sudah terbukti kualitasnya.

3. Manfaatkan Media Sosial dan Website untuk Promosi

Nah, keberhasilan bisnis tak bisa dipungkiri sangat didukung dengan promosi yang dilakukan melalui internet. Saat membuka sebuah usaha terutama yang berbasis online sangat penting  mengenalkan produk dan keunggulan agar dipercaya banyak orang. Agar branding lebih optimal, manfaatkan berbagai layanan internet yang sangat banyak sekali jumlahnya. Hal ini memiliki satu tujuan pokok yaitu agar bisnis yang kita banguntersebut dikenal oleh banyak orang lalu mereka memutuskan untuk datang dan membuktikan hal yang sudah Anda sampaikan melalui media internet tersebut. 

Media sosial yang sangat cocok digunakan seperti instagram, facebook adds, blog, line add, dan penting juga memasarkan melalui website. Konten-konten yang dimuat pun harus benar-benar menarik dan memberikan dampak yang dahsyat kepada siapa pun yang membacanya.

Kenapa Menggunakan Website untuk Bisnis Online?


Banyak yang bertanya-tanya kenapa sih harus menggunakan website untuk bisnis online? Bukankah dengan media sosial saja sudah cukup? Ternyata sama halnya saat Anda berjualan di dunia nyata, membangun bisnis online juga membutuhkan toko. Website ini nantinya akan menjadi toko yang menyediakan informasi terkait produk, harganya hingga cara pembayaran. Keberadaan website resmi akan membangun kepercayaan pembeli yang tentunya bepengaruh pada hasil pejualan. Nah agar website Anda bisa diakses oleh banyak orang, dibutuhkan web hosting.  

Sederhananya, hubungan antara website dan web hosting ini adalah seperti toko dan pusat perbelanjaan atau mall. Agar Anda dapat berjualan di toko, Anda harus membayar sewa kepada pemilik mall atau pusat perbelanjaan tersebut. Sama halnya dengan website. Agar tetap dapat dipakai terus menerus, sebuah website harus menyewa layanan web hosting agar website dapat diakses oleh orang banyak secara online. Untuk membeli hosting, Anda bisa mencarinya di penyedia Hosting Indonesia seperti Qwords.

Nah sebagai pebisnis,  Anda jangan sampai ketinggalan untuk membuat website bisnis online karena manfaatnya sangat banyak, antara lain:

Meningkatkan Kredibilitas Usaha

Berkembangnya teknologi informasi membuat pembeli semakin mudah dalam mencari prodouk yang mereka inginkan melalui internet. Peluang ini bisa kita manfaatkan dengan membuat website agar usaha online yang kita bangun akan mendapatkan kredibilitas yang tinggi. Pembeli biasanya lebih percaya dengan usaha yang memiliki website. Buatlah website dengan tampilan profesional yang menarik juga mudah diakses oleh pengguna.

Menghemat Pengeluaran

Anda mungkin sudah banyak yang tahu bahwa menyewa sebuah ruko membutuhkan modal yang besar. Nah dengan adanya toko online yang ada bangun dalam sebuah website akan sangat menguntungkan karena biaya nya lebih murah. Selain itu website juga menjadi ajang promosi dengan harga bersahabat dibandingkan biaya iklan di surat kabar. Biaya sewa hosting pun bisa disesuaikan dengan kemampuan usaha. 

Informasi Selalu Update 

Penggunaan website untuk bisnis online juga bermanfaat sebagai media informasi produk dan layanan yang bisa langsung diakses oleh pelanggan Anda. Ibarat sebuah brosur online atau katalog yang butuh waktu untuk penyebarannya, website lebih mudah dan cepat memperbarui informasi. Anda dengan mudah bisa mengabarkan tentang produk terbaru, promosi maupun informasi lainnya. 

Mudah Diakses Kapanpun dan Dimanapun

Tidak seperti toko offline yang mempunyai jam operasional, website bisa diakses selama 24 jam dimanapun dan kapanpun. Tidak perlu terkendala toko tutup dan menghabiskan waktu juga tenaga memilih produk yang diinginkan. 

Menggunakan website, pembeli bisa mengakses dengan mudah dan memilih produk idaman mereka. Website pas sekali untuk gaya hidup yang selalu sibuk seperti sekarang ini.

Target Pasar yang Luas

Apa saja sih yang bisa dijual secara online? Semuanya bisa loh. Jika toko offline hanya punya target pasar yang sempit dan orang tertentu di wilayah itu, dengan adanya web eCommerce atau bisnis online Anda bisa memasarkan produk secara luas bahkan hingga luar negeri.

Nah gimana, banyak sekali kan manfaat memiliki website untuk bisnis online! Jangan lupa untuk buat website usaha Anda secepatnya.

No comments

Silahkan Berkomentar ^_^