AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Pengalaman Belajar SEO On Page

1 komentar
pengalaman belajar seo on page

Setelah bertahun-tahun ngeblog dengan prinsip “yang penting nulis” akhirnya tahun ini saya memutuskan untuk berubah. Bukan bermutasi jadi kura-kira ninja ataupun berubah seperti power ranger hehe, saya memberanikan diri belajar SEO On Page untuk memperbaiki kualitas blog agar performanya membaik.

Jujur saya kadang merasa kecil hati dengan blog sendiri. Sekarang makin banyak blogger bermunculan dan ilmu blog pun terus berkembang. Lalu bertanya ke diri sendiri “kok saya masih gini-gini aja ya?” Semakin hari kok trafficnya malah terus menurun, DA juga begitu. Mana nggak makin jiper kan! 

Ndilalah gabung di grup BRT dan ada project menaikkan DA dan berharap bisa ikut belajar bersama. Seneng liat kemajuan teman-teman blogger yang DA nya melejit, termasuk salah satu teman blogger di Bengkulu. Namun ketika coba daftar saya belum terpilih. Lalu liat ada poster kelas Belajar Seo On Page, langsung deh saya wa tanya syaratnya dan segera mendaftar.


Pengalaman Belajar SEO On Page, Antara Senang dan Pusing

Kelas SEO On Page yang saya ikuti berjalan selama 2 minggu dengan Coach Irwin dan Coach Punto. Menurut Mas Irwin kelas ini dibuat untuk meningkatkan derajat para blogger di Indonesia. Selama ini agency hanya tahu blogger dituntut untuk mendapatkan backlink saja, sekarang blogger dituntut untuk mendapatkan traffic ke situs mereka. Nah SEO adalah cara untuk mendapatkan traffic terus menerus dan menaikkan image kita di mata agency.

Mendalami ilmu SEO artinya kita harus update mengenai algoritma google. Yang banyak dijadikan acuan content writer seperti Blogger adalah algoritma E-A-T. Apa itu EAT? Eat adalah singkatan dari Expertise, Authoritativeness dan Trustworthiness

1. Expertise maksudnya adalah Google lebih menyukai artikel yang dibuat oleh orang yang ahli di bidangnya. Misalnya Halodok, SehatQ  yang menulis artikel kesehatan. Jika mereka menulis artikel kesehatan pasti lebih dipercaya oleh google dan mudah masuk ke page one. Intinya google suka web yang mempunyai niche. 

2. Authoritativeness maksudnya Google ingin mengetahui informasi mengenai pemilik blog. Jadi buatlah halaman about us di blog kita.

3. Trustworthiness adalah indicator kepercayaan. Salah satunya dengan menerapkan SSl (HTTPS)


Agar Blog Disayang Google

Blog di notice google di halaman pertama itu sama senangnya seperti komen kamu di notice Kim Soo Hyun >.< Untuk sampai ke level itu memang nggak mudah. Ada beberapa hal perlu kita lakukan diantaranya:

Perhatikan Konten

Content is King. Ya, konten adalah nomor satu, jika kualitas tulisan blog kita bagus pasti akan disayang google. Isi konten harus berisi dan mengandung informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung. Selain itu jangan lupa untuk menambahkan gambar atau video sebagai pendukung artikel yang ditulis.

Pilihlah judul yang tepat

Buatlah judul yang baik dan nggak aneh-aneh. Judul klik bait hanya menang di sosmed dan grup WA. Judul yang tepat adalah judul yang menjual tetapi tetap mengikuti kaidah SEO.

Cari Tau maunya Google

Jika ingin disayang google, maka cari tau apa yangd iinginkan. Saat ini google adalah mesin pencari informasi terbaik dan pasti ingin memberikan yang terbaik untuk konsumennya. Google  pasti memberikan informasi yang relevan dengan apa yang dibutuhkan. Makanya kita harus menyediakan informasi yang berbobot tinggi.


Materi SEO On Page

seo on page agar di page on google

Baru diberi perkenalan SEO aja kepala saya sudah berputar-berputar mencoba mencerna dan menganalisa. Materi selanjutnya yang diberikan pun tak kalah membuat jantung deg-degan dan terpelongo menyadari betapa banyak kesalahan yang sudah saya lakukan selama ini. Yuk simak cuplikan beberapa materinya:


1. Google Analytic

Sudah lama mengoneksikan blog dengan google analytic, tapi saya hanya tau melihat data pageview itupun karena permintaan agency. Nyatanya google analytic bukan sekedar itu aja. Google analytic dapat  menelusuri statistic pengunjung web berdasarkan informasi halaman  sebelum sampai ke halaman blog kita, bisa dari mesin pencari, iklan, email marketing dll. 

Setelah dapat materi GA, saya  jadi tau sih kalo ada empat jenis data penting google analytic yang perlu blogger ketahui yaitu data real time, demografi pengunjung, jumlah traffic dan perilaku pengunjung. Dan ternyata fitur interst audience belum saya aktifkan padahal dari data ini bisa tau ketertarikan pengunjung blog kita. Misalnya pengujung suka artikel kecantikan, jadi ya udah banyakin aja artikel mengenai kecantikan. 


2. Google Search Console

Sebelumnya GSC dikenal sebagai Google Webmaster Tools untuk memonitor bagaimana kinerja website di ranah organic google.  google Search Console memungkinkan kita mengetahui domain yang memberikan link ke website, kinerja website di mobile hingga analisis halaman website dengan traffic tertinggi. 

Terlihat sederhan ternyat isi di GSC tuh banyak banget. Ada satu fitur yang membantu banget yaitu Penyempurnaan. Nah disini bisa terlihat kesalahan yang ada pada blog dan harus dibenahi. Kebanyakan kesalahan saya terletak pada gambar yang asal upload aja. Harusnya di compress agar tidak terlalu besar. Oya ada Catatan dari coach Irwin sih setelah publish artikel jangan lupa untuk inspect url untuk memastikan bahwa artikel kita di index oleh google. 


3. Keyword Research

Materi ke tiga yang tak kalah pentingnya adalah keyword research. Ini adalah riset, strategi SEO yang dilakukan sebagai optimasi bagi mesin pencari. Dengan memahami Keyword research blogger mempunyai sejanta tanpa harus mengemis traffic.

Sebenarnya ilmu ini udah pernah saya dapatkan. Namun kadang mau cepet jadinya langsung aja deh nulis tanpa mempedulikan apakah keywordnya tepat. Padahal jika melakukan reset dengan baik, artikel kita akan banyak dicari dan nangkring di halaman pertama google. kita bisa melakukan riset keyword menggunakan tools grtis seperti di ubetsuggest


4. Paramater Onpage

SEO On page bisa dianalogikan sebagai inner beauty. Hal yang sebenarnya sangat penting namun sering diacuhkan. Banyak blogger yang memandang teknik ini ribet, padahal kalo ditekuni blog kita akan punya peforma yang kece. Percuma kan tampak bagus tapi isi dalamnya zonk.  Nah di kelas seo on page saya jadi dapat ilmu penting nih mengenai parameter seo on page dalam sebuah artikel seperti Keyword di judul maksimal 55 karakter dan keyword permalink 75 karakter.

Selama ini saya memang tidak mempedulikan itu. Judul sangat panjang, gambar tidak diberi deskripsi. Sungguh jangan pernah lakukan hal itu :D ceklah perlahan artikel sebelum diposting agar kalian tidak kualahan di masa yang akan datang.


5. Check Kesehatan Blog

Terlihat baik-baik saja ternyata banyak sekali penyakitnya. Saya mendadak meriang, kepala puyeng dan nggak bisa tidur malam itu mengetahui ribuan kesalahan yang harus saya perbaiki. Materi blog check yang disampaikan kak punto bikin heboh teman-teman di kelas on page. Bagaimana tidak rasanya seperti dikuliti. Semua kesalahan terpampang nyata. 

Tabel kesalahan ini kak punto cek menggunakan On Demand Crawl Moz Pro  untuk mendeteksi kesalahan dalam blog kita. Kebanyakan kesalahan pada blog saya adalah hal-hal sepele seperti missing description, title too long, ga ada alt text di image dll yang lama-lama makin menumpuk. 500an artikel di blog itu harus saya perbaiki satu-satu secara manual dan hingga sekarang masih terus diguyur agar kesalahannya bisa sedikit. 


Perubahan Blog setelah Mengikuti Kelas SEO On Page

Senang sekali bisa dapat ilmu dari coach Irwin dan coach punto. Jujur banyak banget deh yang belum saya tau sebelumnya. Begitupun setelah dapat materi, saya perlu baca berulang kali dan yang paling penting adalah dipraktikkan ilmunya biar nggak sia-sia. Kesalahan blog saya yang 7K itu belum selesai semua saya perbaiki tapi perubahan mulai terlihat.

Di awal saya mengeluhkan traffic yang terus menurun tanpa saya tau penyebab nya apa. Setelah mencoba mengedit artikel-artikel lama dan menerapkan parameter SEO sesuai yang disarankan para coach, traffic blog saya perlahan mulai naik 3x lipat dari biasanya. Awalnya saya kira ada robot yang datang menghampiri blog, namun Alhamdulillah sudah  hampir setengah bulan trafficnya naik stabil dan artikel lama yang saya edit mulai menampakkan lagi trafficnya. Bahkan beberapa teman berhasil menaikkan DA nya loh. Pokoke makasih banyak coach irwin dan coach punto, semoga berkah ilmunya

kelas seo on page 2 minggu

Nah teman-teman yang tertarik mau belajar SEO On Page buruan hubungi coach Irwin atau coach Punto. Saya recommend kelas ini karena penjelasannya lengkap dari ahlinya. Terus juga SEO On Page ini jadi dasar kita untuk membuat konten yang berkualitas. Kenaikan traffic dan DA saya anggap sebagai bonus, yang penting saya udah tau apa yang harus saya perbaiki dan lakukan kedepannya bersama blog tercinta :D

Semangat !

Related Posts

1 komentar

  1. Bagus banget nih kelas naikin DA nya dari Mas Irwin, sayang kemarin saya nggak keangkut. Tapi bisa baca artikel ini sudah bersyukur. Jadi saya bisa ngikutin langkah-langkah apa agar DA blog saya bisa naik. Terima kasih :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email