AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Bikin Giveaway untuk Meningkatkan Followers Sosmed

Posting Komentar

Giveaway di media sosial saat ini lagi hype banget. Kalo teman-teman sering bertandang ke instagram atau twitter, pasti bakal menyadari banyak artis, online shop, infleuncer dan selebgram sering mengadakan giveaway.

Hadiahnya nggak tanggung-tanggung, mulai dari ponsel harga puluhan juta, uang tunai, barang mewah hingga kendaraan bermotor.

bikin giveawayuntuk meningkatkan followers

Lalu apa sih tujuan membuat giveaway?

Giveaway adalah bagi-bagi hadiah gratis sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan follower dan jumlah interaksi di akun sosial media. Biasanya ada beberapa hadiah yang disediakan dengan pesyaratan tertentu. Misalnya harus follow, like dan memberi komentar. 

Nah, kemarin akhirnya aku mencoba membuat giveaway di twitter. Ini pengalaman pertama yang cukup seru, nanti akan aku bahas gimana hasilnya. Sebelumnya aku mau berbagi dulu nih materi dari Kak Ilham Sadli di Kelas Growthing tentang bagaimana memanajemen sosmed kita untuk menambah follower secara organik. 

Manajemen Sosmed 

Ilham Sadli adalah nama dibalik akun twitter Pengagum Rahasiamu. Hayo siapa yang sering kepoin cuitannya? Ka Ilham menurutku sukses membuat branding dirinya di twitter dengan cuitannya yang khas. Jadi wajar aja sekarang follower twitternya sudah mencapai 11 ribu. 

twitter blogsadli pengagum rahasiamu

Harus diakui kita sering tidak mempedulikan branding di media sosial. Padahal ada banyak sekali keuntungannya. Personal branding adalah cara memasarkan diri kepada orang lain. Misalnya jika kita adalah seorang blogger, maka usahakan orang yang mengikuti kita akun sosmed kita ingat dan tahu bahwa kita adalah blogger. 

Dengan karakter branding yang jelas dan bahasa komunikasi khusus, pengguna internet akan mudah mudah mengingat dan kita dapat memperoleh target pasar yang tepat. Follower pun akan lebih mudah percaya dengan apa yang kita bagikan di sosial media.

Cara Mengoptimalkan Branding di Sosial Media

Sebelum memulai cara mengoptimalkan branding, kita harus menemukan dulu 5 Prinsip Branding yaitu:

1. Tentukan audience

Langkah awal memulai branding adalah menentukan audience kita yang meliputi data usia dan jenis kelamin, pendidikannya, gaya hidup (sederhana, glamaour, dll), perilaku, gaya bahasa, makanan, tempat nongkrong dan sebagainya.

2. Seperti apa akun kita ingin dikenal

Hal ini berhubungan dengan karakter misalnya lucu, serius, bucin, sopan, romantis dan lain lain.

3. Apa bedanya dengan akun lain?

Tentukan apa yang membuat akun kita unik dibanding akun lain yang meliputi gaya bahasa, tema, karakter akun dan sudut pandang. Hal ini penting ketika kita sebagai seorang blogger ingin menjadi influencer  (bisa mempengaruhi followers dengan konten yang kita bagikan). 

4. Suara yang menjadi ciri akun

Suara maksudnya adalah panggilan  atau sapaan kepada follower apakah dengan gaya bahasa, gaya bercanda, kata khas, maupun tone suara

5. Konsisten

Perlu konsisten menerapkan branding diri termasuk nama akun, konten, deskripsi hingga cover maupun profile

Tips Mengoptimalkan Personal Branding 

Akun media sosial apapun perlu dioptimalkan agar follower dan interaksi terus naik. Berikut beberapa tips mengoptimalkan personal branding yang sudah dijelaskan oleh kak Ilham :

a. Rajin melakukan Interaksi

Interaksi adalah hal penting yang membuktikan bahwa komentar follower ternyata kita perhatikan. Jika tidak bisa berinteraksi secara intens, setidaknya memberikan like di komentar pengunjung. 

b. Teliti Statistik

Statistik adalah acuan untuk membuat konten selanjutnya. Kita bisa melihat cuitan mana yang mearik dengan banyak like, retweet, komen ataupun impresinya. Dengan statistik twitter itu aku jadi bisa memilah konten yang disukai follower

anilasa statistik di akun twitter

c. Sering muncul di konten yang viral

Buatlah komentar nyentrik yang bisa menarik perhatian di konten yang sedang viral. 

d. Kunci utamanya adalah aktif, kreatif, repetitive dan sabar


Cara Meningkatkan Follower Twitter dengan Cepat

Selain tips yang sudah aku sebutkan di atas ada beberapa tips lagi nih yang bisa kita terapkan untuk meningkatkan followers :

1. Mutualan (Saling Follow)

Teknik saling follow ini aku baca dari blognya kak ilham dan terbukti meningkatkan follower sangat cepat. Kita bisa follow hingga 200 akan sehari dengan memberi jeda follow beberapa detik. Aku pun udah menerapkan follow to follow ini dan memang asal rutin akan mendapatkan follower dengan cepat tanpa harus beli follower. 

2. Optimalkan Bio di Twitter

Ini tips yang aku dapatkan dari seorang teman. Biasanya seseorang akan follow akun yang relate sama akunnya. Misalkan aku yang banyak berinteraksi dengan blogger maka akan lebih memilih follow sesama Blogger. Makanya aku buat tagar #blogger di Bio Tiwitter agar lebih mudah ditemukan dan mudah di follow back oleh sesame Blogger. 

3. Buat Cuitan dengan Tagar yang Sedang Viral

Menggunakan tagar atau hastag akan menarik minat follower lebih banyak dan memicu pengikut baru yang menggunakan tagar yang sama. Kalo aku biasanya pilih tagar yang sesuai dengan akunku dan yang paling penting positif. Jadi jangan asal copy tagar viral tanpa tahu maksudnya. 

4. Gunakan Visual

Tips dari Kak Ilham juga nih untuk menggunakan konten visual karena akan menciptakan sebuah momen yang menarik. Buatlah tampilan dan tone yang mencirikan akun, pesan yang jelas, dan gunakan metode bercerita yang menarik bagi pengguna twitter.

5. Buatlah Giveaway/ Bagi-bagi hadiah gratis

Giveaway memang terbukti ampuh untuk meningkatkan follower dan interaksi. Sudah banyak teman-teman yang membuktikan. Kita bisa membuat giveaway sendiri, kolaborasi dengan teman atau menerima sponsor. 

Pengalaman Mengadakan Giveaway di Twitter

pengalaman mengadakan giveaway di akun chikarein

Materi dari kak Ilham jadi membuka insight baru bahwa twitter bisa jadi sarana kita untuk membentuk personal branding. Selama ini twitter merupakan akun yang paling jarang banget aku sentuh. Kalo bukan karena ada kerjaan, sesekali aku share link blog aja disana biar nggak terlalu sepi. Pantas aja followernya gitu-gitu aja kan!

Nah, kemarin aku dan teman-teman di Kelas Growthing mengadakan Giveaway serentak yang tujuannya untuk meningkatkan follower akun sendiri juga salah satu teman di kelas. 

Aku kebagian mempromosikan akun twitternya mbak @susiencuss_ dan akunku dibuat giveawaynya oleh mba @maritaningtyas . Hadiahnya pun sederhana berupa saldo ovo/gopay total 50 K untuk 2 orang pemenang. 

Nantinya, peserta yang mengikuti syarat : follow, retweet, like dan komen, lalu akan dirandom untuk menentukan pemenang. Setelah mengadakan giveaway, berikut beberapa hal yang bisa aku analisa: 

1. Pengikut/ followers bertambah

penambahan followers setelah giveaway

Sebelumnya  akun twitterku @chikarein memiliki pengikut 2670. Setelah mengadakan giveaway kurang lebih 2 hari sekarang pengikutnya bertambah menjadi 2894. Total penambahan 224 follower .  Cukup memuaskan untuk giveaway kecil-kecilan dan dalam waktu singkat.

Begitu juga dengan teman-teman kelas growthing lainnya, follower akun twitter mereka pun  meningkat.

2. Interaksi dan Engagement meningkat

Dari data analytic twitter, postingan giveaway punya penayangan dan Engagement yang cukup tinggi dari tweet aku sebelumnya. Berikut rincian interaksi postingan giveaway saat ini:

detail engagement postingan giveaway di instagram

Selain tweet khusus giveaway, interaksi di cuitan aku yang lain juga mengalami peningkatkan. Hal ini dikarenakan banyaknya follower baru yang membuka profilku. Jadi makin semangat untuk melakukan giveaway selanjutnya nih. 

Itu tadi pengalamanku mengadakan giveaway pertama kali di twitter. 

Gimana? Apa teman-teman juga tertarik untuk mengadakan giveaway?   


Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email