AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Kelas Growthing, Karena Blogger Harus Terus Belajar

24 komentar
blogger terus belajar di kelas growthing

Semenjak belajar di Kelas Growthing,  saya semakin menyadari bahwa menjadi seorang Blogger harus terus belajar. Sama seperti profesi lainnya, ilmu blogging terus berkembang. Apa yang sudah saya tau nyatanya hanya sebagian kecil dari seluk beluk blog yang luas.

Awal Mula Ikut Kelas Growthing

Beberapa bulan ini, timeline facebook saya dihebohkan dengan kelas DA. Cerita seorang teman, DA nya berangsur naik dalam waktu satu bulan. Tentu saja saya jadi penasaran, pasalnya sejak kejadian Update bulan Maret 2019, DA saya turun drastis dan tidak pernah naik lagi.

“Mak bagi tipsnya dong supaya DA nya naik” tanyaku pada teman yang ikut kelas DA. Alih-alih diberi jawaban, eh beliau berkata bahwa tips yang diterapkan namun tidak boleh diberitahu yang lain karena bakal berimbas ke blognya sendiri :D  Beliau menyarankan saya untuk mencoba daftar di kelasnya masIrwin dan Kak Pewe.

Daftar? Sudah dong, tapi nggak pernah lolos. Hehe.. hingga akhirnya saya melihat pengumuman Kelas SEO On Page berbayar. Karena lagi masa promo, harganya sangat terjangkau. Langsung aja deh saya daftar karena selama ini memang ingin belajar SEO.


Kenapa Blogger Harus Terus Belajar?

Alhamdulillah. Ternyata setelah ikut Onpage ada bonus menungggu. Beberapa peserta terpiilih diberi kesempatan untuk gabung di kelas Growth Blogger. Bergabung di kelas yang super ketat ternyata memberikan banyak perubahan untuk saya. 

1. Upgrade Ilmu dan Kemampuan

Jika nggak mau ketinggalan pembaruan yang ada dalam dunia blogging, kita memang harus terus upgrade ilmu dan mengembangkan kemampuan di dunia blog yang kita geluti. Caranya banyak sekali mulai dari membaca, melatih keterampilan, mengikuti kelas online, seminar, workshop dan lainnya. 

2. Memahami Kekurangan Diri dan Semangat Memperbaiki Diri

Semenjak masuk kelas growthing dan mendapatkan banyak materi, saya jadi merasa menjadi seperti kutu kecil yang nggak tau apa-apa. Beneran! Merasa malu sama diri sendiri, sudah lama ngeblog ngapain aja? Kok bisa merasa puas dengan ilmu yang ada? Kok pede ngajarin orang lain ngeblog padahal nggak tau apa-apa? 

Pertanyaan itu terus berseliweran di benak saya. Setalah dipikir-pikir ini memang karena saya tidak terlalu membuka diri dengan ilmu baru. Merasa cukup dengan bisa menulis saja. Ya Padahal untuk menjadi blogger professional seperti impian saya, perlu mengasah ilmu yang berhubungan dengan blog seperti belajar SEO, belajar membuat dan editing konten, belajar fotografi untuk mendukung konten, bahkan belajar coding sederhana agar bisa memperbaiki html blog sendiri jika ada kesalahan.

3. Biar Otak Tetap Sehat 

Tau nggak sih, Henry Ford pernah bilang siapa yang berhenti untuk terus belajar maka ia bisa dikatakan sudah tua. Jadi jika mau pikiran tetap segar dan muda ya harus terlus belajar. Blogger yang haus akan ilmu dan tak pernah berhenti belajar akan mempunyai pikiran yang tajam, ingatan yang kuat serta diksi yang luas untuk membuat sebuah konten yang bermanfaat bagi pembacanya. 

4. Belajar di Kelas Growthing, Menjalin Ikatan Baru 

Senang rasanya menemukan teman senasib-sepenanggungan di Kelas Growth Blogger. Selain para coach yang berbagi ilmunya, saya pun bisa sharing bersama teman-teman lainnya terkait kendala selama mengikuti kelas. Sebuah ikatan dan pertemanan baru adalah efek baik karena ingin terus belajar.

5. Lebih Produktif dan Kreatif

Ketika belajar, Blogger seperti saya yang awalnya malas-malasan update konten jadi punya alasan untuk “memaksa” diri berpikir dan menulis. Ya, tugas yang diberikan di kelas benar-benar jadi lecutan untuk bangun dari tidur. Lalu mulai menggali ide dan menulis. Tak hanya itu saya pun jadi banyak membaca tutorial lain demi mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang kadang harus ditemukan sendiri.

Perkenalkan, Teman Baru di Kelas Growth Blogger

Tak terasa, sudah setengah bulan lebih di Kelas Growthing. Alhamdulillah masih bisa bertahan. di kelas ini saya dan teman-teman dipandu oleh banyak Coach, ada mba Monica, Mas Irwin, Mas Pewe, Ka Bahrul Imi, Ilham Sandi dan Gemaulani. 

tim dan coach kelas growth blogger

Kelas ini benar-benar memacu saya untuk terus belajar, setiap hari teringat bahkan hingga terbawa mimpi. Makan tak enak jika tugas belum selesai, dan deg-degan jika sesi eliminasi dimulai. 

Mungkin karena sangat ingin terus berada di kelas, kaki saya jadi dingin membayangkan jika harus di kick. Sistem ini benar-benar memacu untuk mengerjakan tugas semaksimal mungkin tanpa ada satupun kesalahan. Karena bagi Coach, kesalahan kecil pun tidak bisa dimaafkan dan langsung dikeluarkan dari kelas. Terdengar sadis wkwk, namun tujuannya agar kami tidak main-main dan menganggap sepele kelas growthing.

Hingga saat ini, ada 18 peserta yang bertahan. Nah kali ini saya mau kenalin salah dua dari peserta kelas Growth Blogger. Siapa aja mereka? Yuk simak profil singkatnya dibawah ini : 

Mbak Luluk Kopi Jagung

Mba Luluk Sobari Kopi Jagung

Blog kopijagung.com sangat unik di telinga saya. Pemiliknya adalah Lulik Rofiatul Adawiyah yang punya nama panggung Luluk Sobari. Mba Luluk sudah resign dari kerjanya sejak Juni 2020 dan saat ini fokus menulis dan berkebun. 

Ngeblog sejak tahun 2019 awalnya untuk portofolio sebagai penulis. Namun makin kesini, mba Luluk makin menyukai dunia blogging karena menyenangkan dan bisa menghasilkan uang jika dijalani dengan serius.

Blog Kopi Jagung merupakan blog personal, namun kedepan mba Luluk ingin fokus di tema menulis dan berkebun sesuai dengan hobi yang ingin ia geluti hingga nanti.

Saat saya tanya kenapa ikutan kelas growthing, Mba Luluk menyebutkan bahwa seorang teman merekomendasikan kelas ini. Blog temannya berkembang dengan DA yang naik, gambar di blognya bagus. Dan mba Luluk jadi semangat untuk berkembang juga.

Mengikuti Kelas Growthing membawa banyak perubahan. Mba Luluk akhirnya sadar bahwa ngeblog itu banyak printilannya. Tidak hanya nulis doang. “Materi paling ngena itu soal SEO On page. Ya Allah ternyata ada seninya ya nulis di blog. Beda banget sama nulis biasanya” begitu ungkapnya. 

Terakhir ia berpesan jadi Blogger harus terus belajar, biar blog dan keterampilan blog bisa berkembang. Blogger wajib banget belajar seni menulis di Blog dengan memahami SEO. 

Mba Idah Ceris Family

idah ceris family

Mba Idah Ceris meruapkan pemilik blog cerisfamily.com. Berdomisili di Jawa Tengah dan aktivitasnya sehari hari menjadi ASN dan IRT. Ditengah kesibukannya, mba Idah tetap semangat ngebloh.

Sejak tahun 2013 blognya Cheris Family untuk mengabadikan momen bersama keluarga dan rekam jejah tumbuh kembang Anak.

Mba idah mengikuti kelas growthing untuk upgrade ilmu dan SEO. Ia tidak menyangka bisa sampai ke tahap ini melihat beban kerja di kantor yang banyak dan tugas IRT yang melimpah. Luar biasa banget ya semangat mba idah.

Menurutnya banyak perubahan yang dirasakan selama ikut kelas seperti suka riset keyword sebelum menulis, rajin submit ke search console dll. Materi yang mengena banget itu teknik SEO karena dari dulu ga pernah menerapkan dan DA nya itu-itu aja.

Pesan mba Idah "Blogger hidupnya di dunia online, jadi selalu ada pembaharuan di dunia blogging. Makanya harus rajin belajar. Dan sebagai blogger perlu belajar teknik menulis supaya pembaca tertarik membaca tulisan kita, SEO, grafis yang asyik" 

Masih banyak lagi nih teman-teman di kelas, lain waktu mungkin akan saya perkenalkan hehe. Yang jelas selama mengikuti kelas growth, banyak sekali perubahan yang bisa dirasakan. Dapat ilmu tentang SEO dan keadaan blog jadi lebih baik. Ibarat rumah yang banyak bolong-bolongnya, sekarang udah diperbaiki atapnya, temboknya dicat ulang, propertinya diganti baru :D Alhamdulillah DA blog yang ga pernah naik pun sekarang sudah naik 2 *yeayy....

Oya jika teman-teman ingin belajar SEO di Kelas Growthing, sekarang ada pendaftaran kelas baru yang informasinya bisa dibaca di bawah ini:

coaching seo bersama kelas growthing

Nantinya teman-teman akan mendapatkan materi Google Analytic, Google search Console, Keyword Research, Parameter On Page dan SEO Offpagedi Kelas Growthing.  Materi ini bisa jadi bekal yang berguna banget untuk meningkatkan skill kita sebagai Blogger.

Semangat untuk terus Belajar. 

“Darinya, aku mengambil filosofi bahwa belajar adalah sikap berani menantang segala ketidakmungkinan; bahwa ilmu yang tak dikuasai akan menjelama di dalam diri manusia  menjadi sebuah ketakutan. Belajar dengan keras hanya bisa dilakukan oleh seorang yang bukan penakut” (Andrea Hirata)

Related Posts

24 komentar

  1. Masya Allah Tabarakallah Ria, semangat terus ngeblognya Ria. Andai bisa ikutan kelas ya, tapi apalah daya takdir berkata lain. Mungkin lain Kali bisa ikutan kelas

    BalasHapus
  2. Aku mau dong dibagi ilmunya..
    Kalo kami dulu anak pertama, seperti kata coach, dimanja. Jd banyak jg bolongnya. Karena gak ketat2 amat. Klo dengar yg sekarang agak merinding bulu kuduk. Haha

    BalasHapus
  3. Blogger emang harus belajar trus ya, seiring perkembangan yg makin maju dan banyak jg blogger kece yg bermunculan harus bisa menghadapi smua itu :)

    BalasHapus
  4. Yah, blogger pro must update skill and update

    BalasHapus
  5. Aduhhh pasti senam jari, otak dan otot nih tiap hari di grupnya 🤣

    BalasHapus
  6. MasyaaAllah... mau dong mbak ikut kelas seperti ini...😍😍

    BalasHapus
  7. selalu semngat yach buat belajar, bunda senang banget bisa ikutan di usia bunda sekarang bunda ingin selalu belajar

    BalasHapus
  8. Jadi blogger memang harus terus belajar agar berkembang
    Semangat terus

    BalasHapus
  9. Sejatinya setiap itu proses dan memang harus belajar terus.. semangat bunda

    BalasHapus
  10. Setuju bun kita memang harus terus banyak belajar ya biar bisa berbagi ilmu untuk orang lain juga suatu saat nanti.

    BalasHapus
  11. Semangat dedek belajar terus naikin da. Nanti kaka diajarin yah ilmunya. ,❤️❤️

    BalasHapus
  12. Trus semangat ya bun utk belajarnya dan sennag banget kalo ada kelas growt begini menjadi kita lebih maju

    BalasHapus
  13. Bagus nih mbak kelasnya, dulu2 saya jg pernah ikut kelas mas Punto, kelas belajar SEO, alhamdulillah pelan2 dah mulai kuterapkan. Semangat terus mbak

    BalasHapus
  14. Wah keren ya mbk bisa ikutan kelasnya jadi nambah ilmu donk mbk mau ikutan juga, blogger ku juga masih gak karuan, btw aku baru tw bahwa kita harus belajar terus ttg pembaruan ilmu supaya tidak beku ni otak. Hehe

    BalasHapus
  15. Tambah ilmu,tambah pengetahuan, tambah pengalaman ya....
    Wah...seru banget bisa ikutan kelas kayak gini.

    BalasHapus
  16. Masyaallah.. keren kak rei.
    Semoga selalu istiqomah untuk terus menulis dan berbagi ilmu ya kak..

    BalasHapus
  17. Kakak semangat ya nge blog nya

    BalasHapus
  18. Blogger andalan ku..
    Selalu menginspirasi.

    BalasHapus
  19. Semangat belajarnya kak dan terus berkarya 💪💜

    BalasHapus
  20. Terus semangat, belajar tiada henti..dan akan jadi blogger sejati yg sangat dinanti pembaca

    BalasHapus
  21. MasyaAllah mba Ria.. Semangaat ya belajarnya. . Seneng deh masih bisa ikut kelas sampai tahap ini. Sedikit menyesal deh kemarin bikin salah...

    Masih pengen belajar padahal.. Hiks.. Sekarang lagi ngumpulin duit dulu pengen ikut kelas berbayarnya.. Semoga makin kaya ilmu blogingnya ;)

    BalasHapus
  22. Semangat terus ya Mbak belajarnya. Aku juga pingin nih belajar seluk-beluk nge-blog. Kayaknya banyak yang mesti aku pelajarin, semoga aku ketularan semangat Mbak Ria juga 😊

    BalasHapus
  23. Dari judulnya saja akunsudsh suka, apalagi beneran ilmu itu harus dikejar sampai kapanpun terima kasih semangatnya kak

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email