AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Pentingnya Belajar SEO untuk Blogger Pemula

2 komentar

Apa sih pentingnya Belajar SEO? Blogger pemula yang masih awam banget  sama istilah SEO seperti saya pasti sering bertanya-tanya hal ini. Yup, selama ini saya memang sering disibukkan perihal menaikkan traffic dan DA tanpa tahu untuk mencapai semua itu perlu mengenal dan mempelajari ilmu SEO dengan baik.

“Mau DA nya naik tapi struktur blognya kacau” ucapan Coach Irwin di Kelas Growth Blogger menyentil banget. Selama ini merasa aman saja karena sudah rutin menulis, namun nyatanya ilmu blogging itu sangat luas. Nggak cukup cuma menulis dan publish, ada rentetan pembelajaran lainnya yang baiknya kita pelajari. Ya biar kemampuannya nggak gitu-gitu aja, biar jadi Blogger yang bisa naik kelas.


Kenapa Harus Belajar SEO?

pentingnya belajar seo untuk blogger

Belajar SEO itu is a must sih kalo kita mau meningkatkan kualitas kita sebagai blogger. Jika tujuan kita ingin menyampaikan informasi kepada pembaca, tulisan yang bagus saja tidak menjamin bisa sampai dan dibaca oleh banyak orang. 

Disinilah peranan SEO sebagai praktik untuk mengoptimalkan kinerja sebuah website atau blog.  Mesin pencari bisa menilai apakah blog kita layak ditampilkan di posisi pencarian teratas atau tidak. Tulisan yang menempati posisi atas tentu punya peluang lebih banyak dibaca sehingga pesan yang ditulis bisa tersampaikan. 


Keuntungan Optimasi SEO untuk Blog

Selain mendapatkan trafik organic, search engine optimization atau SEO juga membantu mendapatkan trafik yang tinggi dan tepat sesuai tujuan blog kita. Tentu saja untuk mendapatkannya perlu mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh mesin pencari seperti google.  Biar tambah semangat mengenal SEO , yuk simak manfaat optimasi SEO :

  • Traffic Organic yang Potensial. Blog yang menerapkan optimasi SEO akan mempunyai traffic tinggi dengan pengunjung yang tepat sesuai target kata kunci
  • Mendapatkan posisi teratas di mesin pencarian dan mendapatkan pengunjung berkualitas dengan gratis
  • Tidak Perlu Lelah Promosi. Biasanya untuk mendapatkan tambahan pengunjung blog, Blogger sering melakukan blogwalking. Nah, SEO menjadi strategi yang lebih efektif untuk mempromosikan blog juga memasarkan bisnis jika teman-teman mempunyai website usaha
  • Meningkatkan pendapatan sebagai publisher. Kualitas konten yang baik dengan teknik SEO menjadikan blog kita punya nilai lebih tinggi.
  • Meningkatkan Brand awareness dan kredibilitas. Semakin mudah blog ditemukan di pencarian google, maka makin banyak yang mengetahui blog kita dan brand awareness online makin meningkat

Belajar SEO di Kelas Growth Blogger

Nggak ada kata terlambat selama masih ada kesempatan. Walau baru semangat belajar seo tahun 2020. Ya saya bersyukur sih bisa bergabung di Kelas Growth Blogger bersama para Coach yang luar biasa. Ada Coach Masirwin dan Coach Pewe yang mendampingi di kelas ini. 

Materi yang ada benar-benar lengkap dan runut dilengkapi dengan tugas yang bikin dag dig dug der. Tujuannya supaya peserta Kelas Growth Blogger bisa serius dalam mengikuti materi dan mengerjakan tugas dengan semaksimal mungkin. 

Setelah mendapatkan materi Mahir Menulis dan Editing Blog dari Mba Monica, selanjutnya ada materi google analitycs, google search console, research keyword dan juga parameter SEO On Page yang disampaikan oleh Coach Bahrul Ilmi. 

materi belajar seo di kelas growth blogger


Btw, udah pada kenal nggak sama coach Bahrul Ilmi? dia adalah pembicara andal SEO  asal Pontianak. Saat ini Bahrul Ilmi bekerja sebagai freelance content writer dan web content auditor di salah satu agency di Jakarta. Penyampaian coach Bahrul mudah dipahami nih dan sabar juga menjawab seabrek pertanyaan dari peserta hehee.. Teman-teman bisa kepoin instagram nya @bahruladitya

Biar nggak makin penasaran apa saja yang sudah saya pelajari di Kelas Growth Blogger, yuk simak ulasannya!


Membaca Google Analytic

Google Analytic adalah tools milik Google yang digunakan untuk membaca data/traffic pengujung blog. Kita akan melihat banyak data seperti users, session, bounce rate, session duration. 

Selama ini saya hanya menggunakan menu behavior-semua halaman untuk melihat data pengujung di setiap postingan blog. Ternyata ada banyak  menu penting nih yang disampaikan Coach Bahrul diantaranya :

1. Realtime

Kita bisa mengetahui data pengujung aktif yang membuka blog saat ini.  Bukalah realtime-overview untuk melihat data lebih lengkap seperti visitor, sumber traffic, artikel yang sedang dibaca dll

2. Audience 

Menu ini membantu mengetahui semua data terkait visitor/pengunjung blog seperti jumlah pengguna, pageviews, demografi pengguna (bahasa, Negara, perangkat, browser yang digunakan dll)

3. Acquisition

Menu untuk membantu mengetahui data seputar traffic yang didapatkan misalnya top channel (organic search, direct, sosial dll), users, dan behavior

4. Behavior

Menu yang paling sering digunakan blogger untuk melihat data terkait postingan blog serta mengetahui bagaimana interaksi pengujung pada halaman yang dibuat

Dengan mengenal dan mencoba membaca data di setiap menu analytic tentu saja ini bakal membantu kita sebagai blogger untuk memantau perkembangan traffic bahkan setiap harinya. 

Setelahnya, saya pun bisa melakukan evaluasi dengan melihat konten yang paling sering dikunjungi, bounce rate, dan durasi. Semakin tinggi bounce rate berarti makin sedikit waktu pengunjung di blog. Jadi penting untuk memperbaiki kualitas konten serta memperbaiki struktur blog agar ramah di mata pengunjung.


Google Search Console

Selain google analytic, Google Search Console juga merupakan tools google yang bisa dikatakan wajib banget dikoneksikan ke blog kita. Dengan adanya GSC bisa membantu kita memaksimalkan artikel blog di hasil pencarian Google.

Ada beberapa fitur utama di google search console yaitu:

1. Overview

Menu ini untuk menampilkan data terkait perkembangan blog. kita bisa menemukan jumlah klik, hasil pencarian, coverage halaman dan enchancement/perbaikan

2. Performance

Di menu performance bisa dilihat data seperti Total clicks, impressions, average, average position. Ada juga data kata kunci penelusuran dari pengguna hingga sampai di blog kita. Menu ini membantu banget nih untuk memperlihatkan kata kunci apa yang menjadi unggulan blog kita.

3. URL inspection

Ini menu yang penting juga. Tools ini untuk mengecek indexing halaman/artikel di hasil pencarian google. caranya mudah, cukup paste url ke kolom url inspection, nanti akan terlihat pemberitahuan apakah artikel kita sudah di index google atau belum. Jika belum, pilih minta pengindeksan.

4. Coverage

Menu ini berguna untuk mengetahui kesalahan yang ada di blog. Google search console akan memberikan informasi bagian mana yang harus diperbaiki. Misalnya masalah crawling dan pengindeksan halaman tertentu.

5. Sitemaps

Keberadaan sitemaps membantu google mengenali konten dalam blog dan membantu halaman artikel yang ada dapat terindeks dengan baik oleh mesin pencari

Nggak hanya fitur-fitur di atas, ada lagi banyak fitur yang bisa kita explore untuk memperbaiki konten dan struktur blog. setelah mempelajari search console jadi punya insight baru sama tools satu ini. 

Sebelumnya nih saya nggak tau kegunaannya secara detail. Padahal dengan memahami data di search console kita bisa menemukan keyword populer untuk blog, tau kesalahan apa yang ada di blog dan memastikan link blog kita terindeks oleh google. So, yang belum punya search console, buruan koneksikan blog kalian ya.


Riset  Keyword

Materi selanjutnya yang dipelajari adalah riset keyword. Yup, ini salah satu hal penting yang perlu dilakukan blogger sebelum membuat sebuah postingan blog. Tujuannya agar dapat muncul di hasil pencarian dengan kata kunci yang diinginkan.

Riset keyword merupakan suatu proses mencari ide kata kunci potensial untuk tulisan yang kita buat. Tujuannya agar tulisan tidak bisa dibaca oleh orang yang datang ke blog secara langsung tapi juga dari mesin pencari seperti google, bing, yandex dll.

Selain itu riset keyword juga memudahkan kita untuk menyusun artikel yang akan dibuat dan membangun konten yang menjawab kebutuhan pembaca.

Coach Bahrul pun mengajarkan saya dan teman-teman cara melakukan riset keyword paling mudah dengan menggunakan tools gratis seperti google search, google keyword planner, ubersuggest dan google trends.

Penggunaan tools pencarian kata kunci ini hampir sama, kita tentukan keyword yang akan dicari nanti akan muncul ide kata kunci yang bisa dipilih termasuk keyword turunan. Nah sebaiknya menghindari kata kunci dengan volume pencarian yang tinggi untuk blog baru dan pilihlah kata kunci yang persaingannya mudah serta saling berhubungan dalam satu artikel.


Parameter Onpage SEO

Ada dua jenis SEO secara umum yaitu Onpage dan Offpage. SEO off page adalah optimasi yang dilakukuan dari luar halaman yang akan mendukung eksistensi halaman blog bisa berupa baclink, share website, sosial media dll.

Sedangkan SEO On Page adalah upaya mendapatkan ranking di mesin pencari dengan mengoptimalkan peforma pada bagian struktur halaman website. 

Nah untuk mengoptimalkan blog dan bagaimana belajar membuat artikel SEO yang tepat, coach Bahrul Ilmi menjelaskan parameter On Page SEO yang harus diperhatikan oleh Blogger:

  1. Judul artikel mengandung keyword sebaiknya 55 atau 60 karakter
  2. Menyisipkan keyword di permalink untuk memudahkan mesin telusur mengenali artikel. Permalink sebaiknya tidak lebih dari 75 karakter
  3. Menyisipkan keyword di meta deskripsi yang berisi penjelasan singkat isi artikel  maksimal 150 karakter
  4. Menyisipkan keyword di awal paragraph pertama
  5. Optimasi tag heading. Grup kelas growth blogger sampai sekarang masih hangat membahas heading yang penempatannya sering tidak tepat terutama yang platform blognya blogspot. Perlu editing theme blog atau menggantinya dengan template yang SEO friendly agar struktur blog jadi baik di mata SEO. Mulai dari H1 berupa judul, H2 sub bab, kemudian diikuti H3 dan seterusnya.
  6. Optimasi gambar dengan menambahkan alt titile dan alt image pada gambar yang digunakan
  7. Penggunaan outbound link atau link keluar dari blog menuju blog orang lain  yang relevan
  8. Gunakan internal link yang menuju ke artikel lain dalam blog
  9. Manfaatkan LSI Keyword/Keyrord turunan atau persamaan kata kunci untuk mengatasi kebosanan pembaca dengan kata yang terus berulang
  10. Share ke sosmed untuk mendapatkan social signal 
  11. Submit ke GSC untuk memastikan tulisan sudah diindex oleh google.

Nah itu tadi 11 parameter on page ini jika diterapkan dengan baik di setiap postingan pasti akan membuat perubahan besar pada blog kita. Tulisan yang saya sampaikan ini memang hanya sebagian kecil saja dari materi yang sudah disampaikan oleh Coach di Kelas Growth Blogger. 

Dan khusus saya pribadi masih punya banyak pe-er untuk mengedit postingan lama yang sama sekali tidak memenuhi kaidah dari SEO On Page seperti menambahkan deskripsi, mengedit judul dan permalink yang terlalu panjang, mengedit gambar, memperbaiki tag heading dan masih banyak lagi lainnya.

Mempelajari  SEO On page memang sepenting itu, dan beneran kalian nggak bakal rugi jika serius mengikutinya. 

Nah kalo teman-teman ingin belajar SEO untuk Blogger lebih dalam bersama Growthing.id dan para coach yang nggak diragukan lagi ilmunya bisa langsung mendaftar di Coaching SEO for Blogger. Nantinya peserta coaching akan mendapatkan materi google analytic, google search console, keyword research, parameter SEO on page, dan SEO Offpage. Stt.. ada bonusnya loh, DA bisa melejit jika teman-teman mengikuti kelas dengan baik. Info lebih lengkapnya bisa baca dank link info gambar di bawah ini ya

belajar seo untuk blogger bersama growthing


Related Posts

2 komentar

  1. Aku penasaran sama kelas ini, Che. Jadi tugasnya ngapain aja? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak banget tugasnya wkwkw
      ada nulis artikel ada jawab pertanyaan dll :D

      Hapus

Posting Komentar

Follow by Email