AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Mau Naik DA? Yuk Submit Artikel di BRTnetwork

6 komentar
logo blogger ruang tunggu BRTnetwork
Chat malam ini di grup BRTnetwork bikin banyak anggota termotivasi untuk submit artikel di website Blogger Ruang Tunggu. Pasalnya, Pak Bambang DA nya naik lagi.

“Bergegas ah. Kirim ke BRT lagi. Soalnya habis ini dijamin BRT bakal diserbu dan ngantre bakal panjang hahaa” begitu ucap Pak Bambang menyemangati. 

Sebenarnya saya sudah lama tahu sih kalo BRT menerima kiriman artikel dari Blogger. Namun ya karena belum termotivasi a.k.a. malas jadi tak kunjung mengirimkan artikel. Namun setelah membaca banyak testimoni teman-teman, pejuang DA seperti saya jadi tertarik untuk submit di website BRT. Mudah, gratis dan baik untuk perkembangan blog.

Backlink Berkualitas dan Gratis dari BRTnetowork

menulis artikel untuk submit ke website brt

Saya benar-benar ketinggalan. Walaupun sudah kenal backlink sejak lama, saya baru yakin pentingnya membangun backlink untuk blog setelah ikutan Kelas Growthing dan bergabung di grup BRTnetwork selama baru-baru ini. 

Yup, dari apa yang sudah saya pelajari. Backlink menjadi salah satu aspek penting yang menentukan kenaikan DA juga posisi blog di mesin pencari. Jadi wajar saja banyak brand bekerja sama dengan blogger untuk menaikkan rating website mereka. 

Untuk mendapatkan backlink berkualitas secara gratis kita bisa memanfaatkan guestpost, peletakan backlink profile dan sosial bookmarking.

Nah, kabar baiknya website BRTnetwork menerima kiriman artikel blogger secara gratis. Tentu saja dengan menyematkan link blog di artikel yang kita tulis. Dengan kata lain, jika artikel tayang, kita akan mendapatkan backlink dari website BRT yang bisa membantu mendongkrak DA yang selama ini tak kunjung mengalami peningkatan. Gimana, mau mencoba?

Tutorial Submit Artikel di Website BRT

Ada banyak kategori artikel yang bisa kita tulis dan submit ke website BRT seperti parenting, hobby, finance, lifestyle, travel dll. Pilihlah artikel yang diminati lalu ikuti tutorial nya seperti di bawah ini:

1. Register atau Login di https://brtnetwork.id

login dan register ke website BRT

Sebelum submit pastikan sudah terdaftar menjadi member BRT Network. Pilih User Register jika teman-teman belum terdaftar, atau pilih login jika sebelumnya sudah mendaftar

2. Pilih Menu Member –Submit Post

cara submit artikel di BRTnetwork

Setelah memilih submit post, akan muncul halaman submit artikel 

3. Isi data dengan benar “Nama lengkap penulis”

4. Isi “Judul Post” sesuai judul artikel 

5. Isi “Konten artikel” 

Buatlah konten minimal 600 kata sesuai dengan kategori yang ada. Teman-teman bisa menyematkan 1 link eksternal ke link blog pribadi atau link artikel blog yang relevan dengan isi artikel.  

cara menambahkan link eksternal saat submit post

Untuk menyematkan link eksternal ke blog, copy paste link artikel blog dan informasikan bahwa link tersebut untuk anchor text apa. 

6. Meta Description

Buatlah deskripsi singkat (maksimal 150 kata) mengenai isi artikel

7. Piih kategori yang sesuai

8. Featured Image

Tambahkan maksimal 1 file gambar dengan ketentuan ukuran maksimal 100 kb, pixel (600x300px). Pilihlah gambar yang bagus. Lebih baik jika menggunakan foto sendiri, karena menurut Mba Gemaulani saat penyampaian materi teknik fotografi untuk blogger, jepretan sendiri lebih disukai pembaca loh.

9. Klik Submit

Jika sudah di acc oleh admin, maka artikel akan segera tayang di website BRTnetwork. Alhamdulillah nih, tulisan saya "Ide Aktivitas Seru Anak Selama Pandemi Agar Tidak Bosan" sudah tayang hari ini. Makin semangat nih untuk buat artikel lainnya. Selamat mencoba ya!

foto artikel yang sudah muncul di brtnetwork

Teknik Fotografi untuk Blogger ala Gemaulani

Penting nggak sih menggunakan foto jepreten sendiri untuk mendukung tulisan di blog? Pertanyaan ini dilontarkan oleh Mba Gemaulani di Kelas Growthing saat mengisi materi teknik fotografi untuk blogger.

Menurut Mba Gilang, foto sendiri lebih disukai pembaca dan aman dari copy right. Secara tidak langsung apa yang disampaikan oleh blogger akan lebih dipercaya misalnya ketika kita mereview sebuah produk.

 hasil jepretan gemaulani

Memotret Menggunakan Smartphone

Smartphone lebih mudah dan praktis digunakan untuk mengambil gambar. Kita bisa mendapatkan hasil jepretan yang bagus dengan smartphone asal tahu teknik memotret dengan baik. Yuk simak langkah memotret menggunakan smartphone yang disampaikan oleh mba Gemaulani:

1. Resolusi Smartphone

Sebaiknya gunakan smartphone dengan resolusi minimal 12 MP. Semakin tinggi semakin bagus. 

2. Tema dan Konsep Foto

Sesuaikan tema foto dengan properti dan konsep. Misalnya jika mengambil tema makanan, pilihlah peralatan makan atau bahan makanan yang cocok. Hindari pilihan properti yang tidak berhubungan karena akan membuat foto terkesan aneh.

3. Pilih Backdrop

Ada beragam jenis backdrop yang bisa dipilih sesuai tema. Seperti tembok, kayu, kertas bahan pvc, alas bermotif serat kayu dll. Jika tidak memiliki backdrop khusus, kita bisa menggunakan bekas kalender yang bagian belakangnya masih bersih, kerudung, karton maupun kertas hvs warna.

4. Perhatikan Pencahayaan

Ada dua jenis pencahayaan yaitu natural (available light) dan buatan (artificial light). Cahaya alami bisa didapatkan dengan bantuan cahaya matahari. Sementara cahaya buatan dengan bantuan lampu khusus. Perhatikan juga arah cahaya sebelum memotret, apakah menggunakan front lighting, oval lighting, side lighting, rim lighthing atau back lighting. 

5. Tentukan Angle Foto

Ada banyak jenis angle foto diantaranya:

  • Eye level : sudut pandang pengambilan gambar sejajar dengan objek
  • Low angle : pengambilan gambar dilakukan dengan posisi kamera lebih rendah dari objek
  • High angle : kamera diposisikan lebih tinggi dari objek
  • Bird’s eye view : lebih dikenal sebagai flatlay atau objeknya rebahan. Posisi objek lebih rendah dari posisi kita berdiri saat pengambilan gambar. 

Gimana? Seru kan ya materi teknik fotografinya? Jadi bisa melengkapi artikel blog dan artikel yang kita submit di webite BRTnetwork agar lebih menarik.

Materi fotografi ini adalah materi yang saya dapatkan di Kelas Growthing setelah mendapatkan materi SEO. Makasih ya Mba Gilang, jadi bertambah nih ilmu saya dan teman-teman. Semoga makin semangat untuk mempraktikkannya. 

Oya, teman-teman yang tertarik untuk ikutan Coaching SEO bisa mendaftar di Kelas Growthing Premium. Peserta akan mendapatkan materi yang pastinya berguna banget untuk perkembangan Blog. Ada Bonus nya juga loh, Naik DA hingga 30. So, jangan sampai ketinggalan ya! Info lengkapnya bisa klik foto di bawah ini! 

informasi kelas growthing premium

Related Posts

6 komentar

  1. Bagus Mba. Aku mau nulis di BRT bingung caranya, mau nanyak malu hahahahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikuti aja tutorial di atas mak. sesuaikan dengan kategori yang diminati.

      Hapus
  2. Waaaaah dapet bocoran materi kak Gema nih dari siniii. Makasi sharingnya ya mbaaaa.. Dari kemarin mau nulis di BRT tapi kayanya zibuk sama PR Growth, sekarang setelah keluar jadi berasa terlalu banyak waktu luang. Hihi. Mau beneran submit ke BRT ah nantiii.. Makasi infonya yaaaa.. Semangat terus mbak Riaaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak
      Yuk semangat, coba submit artikel kesana mbak
      semangat juga yaa

      Hapus

Posting Komentar

Follow by Email